Sharing Tips

Tips  penting yang menurut saya harus diketahui

  1. Bergabunglah pada grup-grup pencari beasiswa seperti pada facebook : “pencari beasiswa luar dan dalam negeri” dan “motivasi beasiswa” adalah contoh dari beberapa grup beasiswa yang saya ikuti di facebook. Manfaatkan semua social yang anda miliki, bisa melalui twitter, yahoo milis. Jangan melulu socmed dibuat hal yang tidak berguna, sperti update status gak penting dan lainnya. Gunakanlah untuk sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dan kita sendiri. Dari grup itu kita mendapatkan banyak info penting seperti info beasiswa dimanapun yang di share oleh admin atau para anggota grup tersebut. Yang kedua kita bisa Tanya-jawab secara langsung dan meminta saran pada yang lebih berpengalaman.
  2. Persiapkan tes TOEFL dan tes TPA.
  • – Apabila anda mengalami kekurangan dalam bahasa inggris, lebih baik mengikuti kursus, dan tes dengan mengambil info dari beberapa tempat penyelenggara untuk jadwal yang cocok. Untuk TOEFL ITP seharga 300rb*hrga bisa sewaktu2 berubah*.dan apabila anda gagal untuk melakukan tes lagi hanya dengan kurun waktu 30hari setelah tes terakhir. Jadi hendaklah difikirkan untuk kemungkinan buruk tidak lulus, jadi masih bisa untuk pengumpulan berkas.
  • Tetapi apabila untuk keluar negeri biasanya disyaratkan TOEFL IBT atau IELTS
  • -tes TPA, yang diterima oleh rata2 universitas negeri hanyalah dari BAPPENAS, yang menyelenggarakan tes TPA Bappenas tidak semua universitas, jadi mulai lah cari info jauh2 hari karena tes TPA Bappenas lebih sedikit kuotanya, lebih sedikit penyelenggaranya dan hanya terjadwal 1bulan sekali, apabila anda kehabisan kuota bulan ini akan diberi jadwal bulan depan.
  • Pada waktu tahun kemarin di UGM memperbolehkan sertifikat menyusul karena diberikan fasilitas tes bersama yaitu AccEPT dan PaPs sebagai pengganti TOEFL dan TPA, namun itu hanya ada di UGM sepertinya. Tetapi untuk saran saya untuk memastikan agar anda lolos seleksi PPs penyelenggara lebih baik memeprsiapkan 2 sertifikat ini. Barulah dipilih oleh pihak DIKTI.

3. Pilihlah universitas yang sesuai kemampuan, yang memang anda yakin diterima disana. Ini memang seleksi magister lebih sedikit peminatnya namun ini adalh beasiswa peminatnya bisa 5x lipat dari mandiri. Dan janganlah terlalu idealis bila mengharapakan beasiswa, gunakanlah semua kesempatan yang ada.

4.Pilihlah dosen yang membimbing skripsi atau dosen yang mengetahui perkembangan akademik anda dan mempunyai jabatan misalnya : ketua jurusan, dan sekertaris jurusan

5. Seringlah bertanya pada yang lebih berpengalaman yang mendapatkan beasiswa tersebut agar mendapatkan tips yang lebih spesifik.

6. Apabila diberikan pilihan untuk universitas tempat pengabdian, maka pilihlah yang membuka jurusan anda, jangan karena dekat dengan rumah anda memilih tanpa melihat apakah di universitas tersebut membuka jurusan anda.

7. tetaplah berusaha,apapun beasiswanya kuncinya cuma satu niat dan tekad yang tetap bulat. seberapapun kerasnya,kalau memang melanjutkan kuliah lagi adalah cita-cita anda, maka patut dan sangat layaklah ini diperjuangkan. namanya juga untuk mencari sesuatu yang di gratiskan, maka haruslah ada pengorbanan.

8.Jangan lupa berdoa,,,selamat berusaha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s