BPPDN DIKTI

Beasiswa yang akhirnya saya dapatkan ini bernama BPPDN DIKTI (Beasiswa Pendidikan Pasca sarjana Dalam Negeri) DIKTI  Calon Dosen di universitas Gadjahmada , Yogyakarta.

Beasiswa ini benar-benar gratis untuk SPP dan diberi uang saku (uang buku, kos,biaya hidup) setiap bulannya. Namun ada kesepakatan untuk mengabdi pada universitas yang dipilih oleh Dikti dengan kontrak n+1 *n=masa study. Jadi semakin cepat anda lulus semakin singkat masa pengabdian anda. Ada beberapa biaya yang memang harus dibayar sendiri seperti biaya matrikulasi apabila anda diharuskan mengikuti matrikulasi dan biaya pembuatan KTM. Selebihnya semua dibiyai oleh DIKTI. Untuk mengetahui apa itu BPPDN DIKTI dan prosedur lainnya silahkan akses http://beasiswa.dikti.go.id/dn/  ,,apabila yang ingin mendaftar di UGM bisa diakses http://um.ugm.ac.id/2013/home.php?title=page&p=130406

Langkah -langkah

  1. Update info sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber dan berbagai beasiswa. Klo untuk beasiswa dikti. Dikti.go.id, info yang penting adalah universitas mana sajakah yang dipilih sebagai PPs Penyelenggara oleh Dikti contohnya kalau saya tahun kemarin adalah ITB, ITS, UGM, UI dan lainnya
  2. Pilihlah Universitas yang benar-benar anda inginkan, pilihlah universitas yang memang bagus untuk jurusan anda.
  3. Setelah memilih universitas yang diinginkan bukalah situs website universitas tersebut dan carilah info tentang kelengkapan BPPDN DIKTI untuk universitas tersebut. Karena untuk persyaratan Beasiswa ini ada 2 kali pendaftaran, yang pertama melalui web DIKTI sendiri dengan mengisi biodata, pilihan universitas  dan kelengkapan lainnya.(aka ada keterangan pada web dikti).dan untuk pendaftaran pada PPs tujuan, untuk syaratnya bisa saja berbeda-beda antara universitas satu dan lainnya, karena penyeleksian diberikan hak pada PPs penyelenggara masing-masing.
  4. Setelah mendapatkan list persyaratan apa saja yang perlu dilengkapi, maka segeralah mencari seperti  sertifikat TOEFL  dan TPA Bappenas.
  5. Surat rekomendasi Rektor (surat tugas dari universitas asal) +rekomendasi  2 dosen yang formatnya sudah terlampir pada web dikti.
  6. Tentukan rencana thesis anda, karena ada persyaratan proposal thesis umumnya pada setiap universitas.
  7. Prosedur pembayaran bisa dilihat pada masing-masing PPs untuk ketentuannya.
  8. Berkas bisa dikumpulkan lewat pos apabila domisili jauh dari tempat PPs penyelenggara, tapi agar memastikannya juga bisa dikumpulkan sendiri.

Selamat mencoba

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s