keajaiban adalah nama lain dari kerja keras

C360_2013-03-21-16-07-58

Keajaiban adalah nama lain dari kerja keras by kim tae joon. kalo dalam islam man jadda wa jada : barang siapa yang bersungguh pasti akan berhasil. Ini adalah kata2 yang saya dengar dari teman saya dan memang sudah saya buktikan salah satunya waktu saya dan teman2 tes kerja PJB.
Waktu itu saya+cepol+vita berangkat bersama2 menuju surabaya lebih tepatnya nebeng di kosnya vina kembaran vita,karena lamaran yang kita kirimkan untuk PJB berlanjut ke tahap k2,oiya untuk tahap tes dalam PJB adalah :
1.Seleksi administrasi
2.Tes akademik dan bahasa inggris (tulis)
3.Tes psikologi
4.Tes kesehatan
5.Interview
Untuk tahap ke2 ini saya dan teman2 tdk bgitu berpengalaman,selama ini saya hanya berpengalaman untuk psikotest,tapi cepol+vita pernah mngikuti tes akademik di schlumberger yg tesnya berisi fisika+matematika IPA d sma. Akirnya kami mncari info d internet berharap ada yang ngeshare pngalaman sperti saya :). Dan ada yang ngeshare pngalaman mngikuti th 2009 tpi jurusan sistem informasi dan untuk sistem informasi(SI) pertanyaanx ttg basic SI sperti database,My SQL dan untk englishx tlis(reading+structure).dan qt mnemukan lgi soal yg dishare th 2007 dg soal sperti SNMPTN,matematika+IPA. Saya dan teman2 sgt bgung untk basic elktro krena notabene klo ikut basic PJB it paket arus kuat sdangkan kmi semua tdk ad yg dri konsentrasi arus kuat. Krena pnglaman schlumburger itulah qt lebih mmlih basic teknik drpda basic elktro,qt smua mmbawa bku snmptn msing2 dan contoh soal yg diupload qt mngulang kmbali materi2 yg sdh sgt dilupakan dan bhsa inggris blajat seperlux.saya terutama yg masih galau apabila yg kluar sperti yg dceritakan mas SI jadi yang keluar basic elektro arus kuat.teman2 saya hnya menimpali untuk pasrah bla it bnar2 terjadi namun qt tetap semangat belajar bku2 SNMPTN dg pkiran galau d otak msing2, hgga pkul 10.krena mata sdh 5watt, saya+cepol beralibi pindah blajar bhasa inggris smbil tdur2an,pdahal it pengen tidur hehe.vita tetap semangat.akirx qt tmbang satu2 dan mmtuskan mengakhiri set11 krena tkut kesiangan bsk tes pkul set8 d Unair.
Keesokan paginya qt sdh tiba d auditorium unair, dsana dudux dkelompokkan diurutkan dg kode jurusan, dan qt g akan dapat teman disamping yng sejurusan.dbwah kursi sdh ad soal yg sesuai dberi wktu 4jam tp.soalx bhsa ingrris terlebih dahulu dan tdk boleh mlihat yg akademik. Yaitu mmg sesuai yg dshare mas SI,structure+reading dg wktu hnya 60mnit,soalx skitar 100soal untuk structure levelx tdk sesusah toefl,berkutat tenses+tobe-nya,readingx tntu sja sesuai dg bcaan.untuk english,alhamdulillah terjawab semua,kemudian sisa wktu 3jam dpersilhkan mngambil soal akademik. Duarr surprised,,yg kluar adalah soal basic elektro arus kuat yg mmg qt tdk mmpelajari sedkitpun, inilah bila qt mmg kmarin sdh ikhtiyar dan saat inilah klimaksx qt hrus pasrah, yang kluar adalah soal meliputi trafo, gardu induk,pemasanganx(jrak antra grdu induk dg grdu yg cabngx),rumus kabel coaxial,grounding.perhitungan untuk generator sinkronitulah soal basic untk elektro,saya tdk mngerti hrs mnjawab ap,dan sya hnya mnggunakan logika dg ilmu yg msh tersisa ttg arus kuat. Untk perhtiungan horse power sya tdk mghitung hnya mmlih angka yg sekirax “pantas” hehe.dg wktu set jaam sya sdh slesei mnjawab smua haha. Untk mngulur wktu yg mmg. Dsediakan 3jam.tp untk 1jam pertama sdh bnyak yg slesei tp smua msh mnggu wktu,ntah mreka sdh slesei “sperti saya” atau krena sgt memahami :p.dan 1,5jam brlalu, alhmdulillah panitia mmperbolehkan untk kluar,sya mmriksa identitas dan cap cuss kluar krena sdh sgt bosan,teman2 yg mmg pket msh sbuk mghitung.saya+cepol lgsg cus kluar dan vita+rhma mnyusul.qt dluar tertawa dan brkata “hanya mukjizat dan keajaiban yg bsa mmbuat qt lolos k tahap slanjutx”
Dan 1bln berlalu PJB mengumumkan siapa yg berlnjut k tahap psikotest,dan alhmdulillah keajaiban it terjadi. Memang kerja keras it perlu dan semua ikhtiyar it qt niatkan mmg untk Allah, mskipun qt salah belajar dan buktinya Allah memenuhi janjix, senyelempang apapun usaha anda jgn pernah mnyesali melakukanx karena semua adalah bagian dr ikhtiyar 🙂

Leave a Reply

